Reclaimed furniture/mebel dari kayu limbah rupanya sedang jadi tren dan digandrungi dunia. Malah tidak sedikit, kafe, hotel, restoran, resort di luar negeri yang menggunakan tema reclaimed furniture untuk tempat usaha.

Beberapa jenis reclaimed furniture yang saya ketahui adalah ;

Reclaimed boat furniture    = bahannnya dari kayu bekas kapal nelayan

Reclaimed pine furniture    = bahannnya dari palet kayu pinus import dari brazil dan NZ

Reclaimed teak furniture    = bahannnya dari bongkaran rumah joglo jawa

R. teak branch furniture     = bahannnya dari ranting kayu jati

Reclaimed teak root                = bahannya dari akar tua kayu jati yang berasal dari gunung kapur .

Ternyata, hakikat furniture kayu limbah justru ada pada pemanfaatan kayu yang sudah tidak lagi dipakai. Intinya, mengurangi penggunaan kayu  baru agar pohon tidak ditebang. Pelesatarian lingkungan, atau istilahnya ‘green furniture’ Memang sih, di Jepara, banyak warganya yang berprofesi sebagai nelayan, dan kapal-kapal yang sudah tidak lagi terpakai, bisa dimanfaatan untuk membuat furniture.

Penampakan Ragam Reclaimed Furniture

1. Reclaimed teak. Mengenai reclaimed teak ini sendiri, bahan baku yang diguakan adalah bekas bongkaran rumah yang dipugar. Banyak yang menggemari terutama orang korea. Bahkan , tidak jarang, rumah lawasan langsung dibeli secara utuh dengan harganya bisa mencapai 400 juta/ rumah.

IMG_20151210_045427 IMG_20151212_115507

furniture teak furniture teak1

reclaimed wood furniture ideas

reclaimed wood furniture ideas

2. Reclaimed teak branch Berbeda dengan produk reclaimed yang lain. Khusus produk ini, begitu melihatnya saya langsung jatuh cinta. Memanfaatan limbah ranting-ranting kayu jati, desainnya begitu kreatif, unik dan berbeda. Apalagi, dikombinasikan dengan kulit kambing yang eksotis.

furniture cabang

3. Reclaimed teak root Reclaimed teak root ini lebih luar biasa lagi. Produk ini diambil dari akar kayu jati yang sudah berusia sangat tua. Saking tuanya, sewaktu diangkat sangat berat , bukti jaminan bahwa kayu ini sangat kuat  sekali.  Wajar, karena produk ini diambil dari pegunungan cadas dan berkarang ( carst mountain )

SONY DSC

SONY DSC

4. Reclaimed Pine Untuk reclaimed pine, bahannya diambil dari palet sisa eksport. Untuk bahan bakunya memang diimpor dari brazil dan new zealand ( karena kualitas pine di Indonsia empuk dan kurang kuat ). Dan bisa dikombinasikan dengan besi dan juga drum.

furniture pine

5. Reclaimed boat furniture, furnitur yang terbuat dari bekas kayu perahu/sampan.

furniture kapal1

Tentang harga Awalnya, karena terbuat dari kayu limbah, saya mengira reclaimed furniture harganya murah. Tapi saya keliru. Karena jenis furniture ini harganya justru lebih mahal, bahkan bila dibanding dengan produk yang sama tapi dibuat dengan bahan kayu baru. Saya jadi heran, hingga akhirnya setelah bertanya-tanya, saya jadi tahu bahwa jika furniture terbuat dari kayu tua, berarti ketahanan dan kekuatannya sudah terbukti handal. Belum lagi melihat tekstur unik, warna alami dan cita rasa seninya. Sangat sexy sekali. Banyak sekali bahan yang bisa digunakan untuk produk furniture. Mungkin selama ini yang kita ketahui, hanya jati, mahoni, mindi dan bayu-kayu baru lainnya. Nah, rupanya masih banyak bahan yang bisa digunakan , bahkan dari kayu limbah sekalipun. Sekedar informasi, All from boat furniture yang ada di Jepang dan Amerika, harganya bisa sampai ribuan dollar per set-nya, padahal barangnya itu ambilnya dari Indonesia.